Taukah kamu bahwa halaman bisnis online yang meyakinkan punya daya tarik besar buat menggaet pembeli? Memang, kebutuhan dan harga yang sesuai adalah faktor utama orang berbelanja, tapi kalau dari tampilan halaman online shop-nya saja sudah gak cocok, pasti bikin orang urung!
Walaupun ada
istilah “don't judge a book by its cover”, dalam bisnis online kamu perlu
membuat “cover” bisnis yang menarik dan bisa bikin orang lain yakin setiap akan
melakukan pembelian. Nah, kamu bisa mulai melihat kembali halaman bisnis
online-mu pada media sosial yang dimiliki.
Sebenarnya
hal-hal apa saja sih yang harus ada pada media sosial bisnismu? ada 6
saran nih hasil berkokreasi dengan Daya.id dan Rhein Mahatma yang bisa kamu
sontek untuk membuat media sosial bisnismu menarik dan dapat meyakinkan banyak
orang sejak pandangan pertama.
1. Isi dengan konten yang kreatif dan informatif
Konten jadi
kunci utama untuk bisnis online karena dapat mempertahankan pelanggan lama
sekaligus mendatangkan pembeli baru. Selain menentukan tema feed yang sesuai
dengan identitas bisnis, foto produk yang digunakan sebagai konten juga
penting.
Pastikan
produk difoto dengan pencahayaan yang baik dan latar belakang polos agar tetap
terfokus pada produk. Lalu tambahkan juga informasi utama seperti nama produk.
Tariklah perhatian calon pembeli mulai dari tampilan foto produkmu.
2. Cantumkan katalog produk dan pricelist
Katalog bisa
jadi cara simpel yang memudahkan orang mengenal produkmu lebih dalam.
Manfaatkan fitur highlight pada Instagram untuk menghadirkan kumpulan produk
beserta daftar harganya (pricelist). Kalau kamu punya website atau softcopy
katalog terpisah, cantumkan tautannya juga ya!
3. Informasikan media penjualan lainnya
Jika
produkmu bisa dibeli pada marketplace, website, atau mungkin online shop
lainnya, infokan lewat media sosial. Buat toko online-mu saling terhubung walau
berbeda platform.
Selain
melebarkan jangkauan pasarmu, poin ini juga bisa memberikan opsi ke pembelimu
dalam berbelanja online di tempat ternyaman bagi mereka.
4. Masukkan konten review dari pelanggan atau key opinion leader (KOL)
“Seenak
itu…”
“Produknya
bagusss, kalian harus coba sih.”
“Worth it
banget!”
Familier
dengan kalimat review di atas? Sesekali kamu bisa sisipkan konten review
positif dari pelanggan atau KOL. Tapi, bakal lebih baik lagi kalau review yang
disampaikan bisa memberikan orang lain gambaran produkmu secara jelas. Mulai
dari deskripsi produk, feedback, sampai call to action buat cobain produkmu.
Kebanyakan
orang akan lebih yakin membeli produk karena review pembeli sebelumnya. Nah,
ini bisa jadi trik bisnismu untuk meyakinkan calon pembeli baru.
5. Jangan ragu menyampaikan kendala yang dialami
Saat
bisnismu punya kendala yang berhubungan dengan semua pembeli, sampaikan
permohonan maaf dan alasannya secara transparan. Jika kendala tersebut hanya
berdampak pada pembeli tertentu, kamu bisa sampaikan secara personal dengan
tentunya menjelaskan penanganan lanjutannya.
6. Update stok produkmu secara rutin
Rutin update
informasi stok jadi info penting bagi pembelimu lho. Walau gak diminta, hal ini
semacam penanda ke orang-orang yang mengincar produkmu, tapi masih
ditahan-tahan belinya.
Selain untuk
eksternal, rutin update stok penting buat pengelolaan internal bisnismu. Gak
mau dong pas lagi banyak-banyaknya order yang masuk, kamu baru sadar kalau stok
produk menipis—bahkan habis karena gak dikontrol?
Supaya mudah
mengontrol stok produk, kamu bisa pakai Bisniskit, aplikasi dari Jenius yang
membantumu mencatat stok produk dan data-data bisnis. Mau makin praktis kelola
keuangannya? Aktifkan juga akun bisnis pada aplikasi Jenius kamu, jadi punya 2
akun berbeda di 1 aplikasi deh!
6 saran yang
sudah disebutkan merupakan hal-hal dasar yang harus ada di halaman bisnis
online-mu. Sekarang, coba intip media sosial bisnismu, poin berapa saja yang
sudah ada?
Selain kamu
bisa bikin orang lain tertarik buat follow, mereka juga jadi nyaman scrolling
di media sosial atau laman bisnismu. Kalau udah gitu, kontenmu gampang teringat
dan bisa jadi top of mind untuk beli produk yang kamu tawarkan deh.
Kepuasan
pembeli yang utama memang kembali pada kualitas produk, tapi layanan dan kesan
yang baik dari kamu sebagi pemilik bisnis justru bisa menciptakan loyalitas
pembeli. Mau tau lebih banyak topik informatif untuk kembangkan bisnismu?
SUMBER :
Mayasti
Nastiti
Komentar
Posting Komentar