Langsung ke konten utama

6 Hal yang Harus Ada Pada Halaman Bisnis Online Kamu

 Taukah kamu bahwa halaman bisnis online yang meyakinkan punya daya tarik besar buat menggaet pembeli? Memang, kebutuhan dan harga yang sesuai adalah faktor utama orang berbelanja, tapi kalau dari tampilan halaman online shop-nya saja sudah gak cocok, pasti bikin orang urung!

 

Walaupun ada istilah “don't judge a book by its cover”, dalam bisnis online kamu perlu membuat “cover” bisnis yang menarik dan bisa bikin orang lain yakin setiap akan melakukan pembelian. Nah, kamu bisa mulai melihat kembali halaman bisnis online-mu pada media sosial yang dimiliki.

 

Sebenarnya hal-hal apa saja sih yang harus ada pada media sosial bisnismu? ada 6 saran nih hasil berkokreasi dengan Daya.id dan Rhein Mahatma yang bisa kamu sontek untuk membuat media sosial bisnismu menarik dan dapat meyakinkan banyak orang sejak pandangan pertama.

 

1. Isi dengan konten yang kreatif dan informatif

 

Konten jadi kunci utama untuk bisnis online karena dapat mempertahankan pelanggan lama sekaligus mendatangkan pembeli baru. Selain menentukan tema feed yang sesuai dengan identitas bisnis, foto produk yang digunakan sebagai konten juga penting.

 

Pastikan produk difoto dengan pencahayaan yang baik dan latar belakang polos agar tetap terfokus pada produk. Lalu tambahkan juga informasi utama seperti nama produk. Tariklah perhatian calon pembeli mulai dari tampilan foto produkmu.

 

2. Cantumkan katalog produk dan pricelist

 

Katalog bisa jadi cara simpel yang memudahkan orang mengenal produkmu lebih dalam. Manfaatkan fitur highlight pada Instagram untuk menghadirkan kumpulan produk beserta daftar harganya (pricelist). Kalau kamu punya website atau softcopy katalog terpisah, cantumkan tautannya juga ya!

 

3. Informasikan media penjualan lainnya

 

Jika produkmu bisa dibeli pada marketplace, website, atau mungkin online shop lainnya, infokan lewat media sosial. Buat toko online-mu saling terhubung walau berbeda platform.

 

Selain melebarkan jangkauan pasarmu, poin ini juga bisa memberikan opsi ke pembelimu dalam berbelanja online di tempat ternyaman bagi mereka.

 

4. Masukkan konten review dari pelanggan atau key opinion leader (KOL)

 

“Seenak itu…”

“Produknya bagusss, kalian harus coba sih.”

“Worth it banget!”

 

Familier dengan kalimat review di atas? Sesekali kamu bisa sisipkan konten review positif dari pelanggan atau KOL. Tapi, bakal lebih baik lagi kalau review yang disampaikan bisa memberikan orang lain gambaran produkmu secara jelas. Mulai dari deskripsi produk, feedback, sampai call to action buat cobain produkmu.

 

Kebanyakan orang akan lebih yakin membeli produk karena review pembeli sebelumnya. Nah, ini bisa jadi trik bisnismu untuk meyakinkan calon pembeli baru.

 

5. Jangan ragu menyampaikan kendala yang dialami

 

Saat bisnismu punya kendala yang berhubungan dengan semua pembeli, sampaikan permohonan maaf dan alasannya secara transparan. Jika kendala tersebut hanya berdampak pada pembeli tertentu, kamu bisa sampaikan secara personal dengan tentunya menjelaskan penanganan lanjutannya.

 

6. Update stok produkmu secara rutin

 

Rutin update informasi stok jadi info penting bagi pembelimu lho. Walau gak diminta, hal ini semacam penanda ke orang-orang yang mengincar produkmu, tapi masih ditahan-tahan belinya.

 

Selain untuk eksternal, rutin update stok penting buat pengelolaan internal bisnismu. Gak mau dong pas lagi banyak-banyaknya order yang masuk, kamu baru sadar kalau stok produk menipis—bahkan habis karena gak dikontrol?

 

Supaya mudah mengontrol stok produk, kamu bisa pakai Bisniskit, aplikasi dari Jenius yang membantumu mencatat stok produk dan data-data bisnis. Mau makin praktis kelola keuangannya? Aktifkan juga akun bisnis pada aplikasi Jenius kamu, jadi punya 2 akun berbeda di 1 aplikasi deh!

  

6 saran yang sudah disebutkan merupakan hal-hal dasar yang harus ada di halaman bisnis online-mu. Sekarang, coba intip media sosial bisnismu, poin berapa saja yang sudah ada?

 

Selain kamu bisa bikin orang lain tertarik buat follow, mereka juga jadi nyaman scrolling di media sosial atau laman bisnismu. Kalau udah gitu, kontenmu gampang teringat dan bisa jadi top of mind untuk beli produk yang kamu tawarkan deh.

 

Kepuasan pembeli yang utama memang kembali pada kualitas produk, tapi layanan dan kesan yang baik dari kamu sebagi pemilik bisnis justru bisa menciptakan loyalitas pembeli. Mau tau lebih banyak topik informatif untuk kembangkan bisnismu?

SUMBER :

Mayasti Nastiti

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Online Shop, Marketplace, E-commerce. Apa bedanya?

 Banyak metode marketing online yang kini menjamur di dunia maya, Mengetahui metode yang pas untuk bisnis online anda menjadi suatu hal yang wajib. Lantas, muncul istilah online shop, marketplace, dan e-commerce,mari kita pelajari satu persatu!   Online shop atau yang disebut dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, Facebook, Instagram atau Whatsapp.   Sedangkan Marketplace adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. sebuah website menyediakan lahan atau tempat   bagi para penjual untuk menjual produk-produknya.   Walau sedikit berbeda, sistem belanja e-commerce hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah website, kemudian mengklik tombo...

7 Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Banyak yang bilang kalau mau kaya, kamu harus jadi pengusaha. Ini memang nggak salah, namun untuk terjun dalam dunia bisnis, kamu perlu pertimbangan dan persiapan yang matang. Salah satunya mencari ide usaha modal kecil yang kompetitornya masih belum terlalu banyak.   FYI, semakin spesifik niche ceruk bisnis yang kamu bidik, peluang penjualannya juga akan semakin besar.   Apa Saja Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing   Udah punya ide bisnis apa yang ingin kamu tekuni? Kalau belum, deretan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini mungkin bisa jadi inspirasi.     1. Katering Makanan Sehat   Kesadaran akan gaya hidup dan pola makan yang sehat semakin meluas di kalangan masyarakat. Nggak hanya sekadar enak, sebagian orang sekarang semakin peduli dengan nilai gizi hidangan yang dikonsumsinya.   Peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan berbisnis katering makanan sehat yang mengutamakan kebersihan dan kesehatan hi...

10 Ide Jualan Makanan Online yang Laris dan Mudah Dicoba

 Bisa dikatakan, bisnis kuliner adalah salah satu usaha yang banyak dilakukan baik itu secara offline maupun online. Namun, bisnis online juga tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Maka dari itu, ide jualan makanan online adalah salah satu ide usaha terbaik saat ini.   Berjualan makanan tidak hanya sekadar mengisi perut semata, tetapi juga mulai berubah ke arah tren yang banyak diikuti. Dari sisi praktiknya, jualan makanan online ini cukup mudah dilakukan. Mulai dari skala kecil seperti dari dapur rumah tangga. Tinggal mencari tahu ide seperti apa untuk melakukan jualan makanan yang tepat untuk para calon pelanggan.   Daftar Ide Jualan Makanan Online yang Dijamin Laris   Untuk kamu yang bingung mencari ide jualan makanan online yang mudah dicoba dan dijamin laris di pasaran, simak rekomendasinya di bawah ini.   1. Frozen food   Ide jualan makanan online pertama yang bisa kamu coba adalah frozen food atau makanan beku. Bisnis fr...